Laman

Kamis, 22 Desember 2011

SPYWARE dan ADWARE

Spyware adalah istilah teknologi informasi dalam bahasa Inggris yang mengacu kepada salah satu bentuk perangkat lunak mencurigakan (perangkat lunak hasad) yang menginstalasikan dirinya sendiri ke dalam sebuah sistem untuk mencuri data pengguna.
Spyware sendiri memiliki definisi Spyware merupakan turunan dari perangkat lunak beriklan, yang memantau kebiasaan pengguna dalam melakukan penjelajahan Internet untuk mendatangkan "segudang iklan" kepada pengguna. Tetapi, karena perangkat lunak beriklan kurang begitu berbahaya (tidak melakukan pencurian data), spyware melakukannya dan mengirimkan hasil yang ia kumpulkan kepada pembuatnya (perangkat lunak beriklan umumnya hanya mengirimkan data kepada perusahaan marketing).
Spyware terbagi menjadi 3 macam, yakni :
• Adware
Adware adalah iklan produk atau penawaran layanan yang merupakan bagian dari sebuah situs atau aplikasi. Script yang ditulis pada suatu halaman web memungkinkan adware untuk berjalan sendiri (autorun applications) yang akan muncul pada saat kita surfing di suatu situs tertentu atau sedang menjalankan aplikasi. Biasanya adware sangat gampang untuk di nonaktifkan, tapi tidak dengan varian adware yang memiliki suatu teknik anti-removal dan ini biasanya sangat mengganggu. Umumnya program diberikan secara gratis, tetapi dengan kompensasi pemakai harus menerima iklan pada program. Adware adalah bentuk lain dari malware dan persis seperti namanya, perangkat lunak dengan tujuan promosi atau iklan. Adware biasanya terdapat didalam software freeware yang kita download. Meskipun beberapa program memberikan pilihan untuk tidak menginstal adware ekstra, banyak sekali software gratis menambahkan adware didalamnya tanpa sepengetahuan kita, Sebagian Adware tertanam didalam aplikasi-aplikasi gratisan, seperti MyWay Searchbar dengan fitur-fitur layanannya seperti SmileyCentral, Zwinky, dan WeatherBug. Adware dan spyware dapat menempel pada komputer anda, terlebih lagi apabila anda melakukan browsing internet atau memiliki sistem operasi yang punya cukup banyak celah untuk dimasuki.
Adware pun mempunyai efek samping terhadap computer yaiitu, Anda akan melihat jendela peringatan (pop-up windows) yang berisikan iklan-iklan pada saat anda membuka halaman situs-situs tertentu (yang memasang adware pada script-nya). Di kejadian lain, anda juga bisa terserang adware pada saat menjalankan aplikasi dari program-program yang terinstalasi di dalam komputer anda, misalkan anda sedang bekerja dengan program-program kantoran seperti office atau anda sedang menjalankan program game tertentu.
Tapi jangan takut karena kita dapat mengatasi masalah tersebut, Ada beberapa tips yang bisa anda aplikasikan kedalam sistem operasi komputer anda atau membiasakan diri ketika membuka halaman situs-situs tertentu, diantaranya sebagai berikut:
 Jalankan program anti-spyware dan anti-adware yang terkini (updated).
 Hidupkan opsi ‘immunization’ pada software anti-spyware dan anti-adware yang anda gunakan.
 Pastikan browser yang sering anda gunakan, email client software, dan sistem operasi komputer anda terinstal dengan baik bersama auto-update.
 Hidupkan opsi ‘Firewalls’ ketika melakukan browsing.
 Gunakanlah plugin security options yang telah direkomendasikan oleh browser anda.
• Browser Hijacker & Search Hijacker
Browser Hijacker : Browser anda dimasukan link tertentu dan memaksa anda masuk pada sebuah situs walaupun anda sudah benar mengetik alamat situs yang anda inginkan. Artinya, program Browser anda secara tidak langsung sudah dibajak dan diarahkan ke situs tertentu
Search Hijacker Adalah kontrol yang dilakukan sebuah search engine pada browser. Bila salah menulis alamat, program biasanya menampilkan begitu banyak pop up iklan yang tidak karuan.
• Key logger
Keylogger merupakan suatu software yang mempunyai kemampuan untuk memantau dan merekam seluruh aktivitas penekanan tombol keyboard, termasuk password. Kemudian keylogger akan menyimpan hasil rekaman tersebut. Bahkan yang lebih canggih, hasil rekaman tersebut yang berupa file teks bisa dikirim ke email tertentu secara periodik melalui koneksi internet. Dan mengirim data ke server pembuat Malware. Cara kerja keylogger bersifat hidden (tersembunyi). Biasanya dia akan muncul di system jika kita melakukan kombinasi keyboard (shortcut tertentu).
Namun, spyware tersebut juga memiliki kerugian diantaranya :
• Pencurian Data
Kebanyakan informasi yang diambil tanpa seizin adalah kebiasaan pengguna dalam menjelajahi Internet, tapi banyak juga yang mencuri data-data pribadi, seperti halnya alamat surat elektronik (untuk dikirimi banyak Surat elektronik sampah atau dapat dikenal dengan spam).
• Tambahan Biaya Pemakaian Internet
Yang merugikan dari keberadaan spyware, selain banyaknya iklan yang mengganggu adalah pemborosan bandwidth dan privasi yang telah terampas.
Pada dasarnya, spyware tersebut diiringi dengan PopUp Windows, yang tentunya selain memakan lebar pita lebih banyak, juga membuat loading Internet anda semakin lambat.
Kita dapat melakukan pencegahan dengan cara :
• Mengistal antivirus
• Dengan menginstal antivirus kita dapat menangkat program-program komputer yang tidak kita hendaki.
• Memutakhirkan antivirus
• Pemutakhiran antivirus sangatlah penting untuk memutakhirkan data antivirus tersebut.
• Menampilkan berkas tersembunyi (di komputer)
• Dengan menampilkan berkas tersembunyi, kita dapat mengetahui berkas yang menucigakan.
• Progam Pemburu Perangkat Lunak Beriklan dan Spyware
• Dengan menggunakan perangkat lunak pemburu anda dapat menangkal adware dan spyware
• Mematikan Cookie
Macam-macam contoh Spyware dan Adware
• Windows Live Messenger Plus
Windows Live Messenger Plus merupakan salah satu contoh Adware produk AddOns untuk Windows Live Messenger
• Situs web
Pada umumnya, situs web tersebut merupakan situs web Layanan hos web.
Contoh:
 AOL Mail
 Grisoft
 Ziddu
www.DefinisiAdwareKurniaApriyanto.blogspot.com
www.pengertianAdware,Browser,Hijacke,SearchHijacker,KeyloggerAntariexa.blogspot.com
www.SpywareWikipediabahasaIndonesia,ensiklopediabebas.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar